Burn Out

 Burn Out By: Chris Leamy

Song Link: https://youtu.be/V6R72owV-I0?si=Ny8mAIRd57uMKpIe

Instagram: @chrisleamymusic

Verse 1:

I’ve been thinking about timing

Gotta make it count

Oh there’s a distant siren

And it’s getting loud

I can take all my pride and

Lay it all on the ground

So I can tear this bleeding heart

And let it all out, let it all out

mmhm, Let it out

Chorus:

If it’s better to burn out than fade away

Put me up in flames do whatever it takes

Light the candle at both ends till there’s nothing Left

Living life fast while we can

Don’t let me slow down I’d rather burn out

Verse 2:

I’ve been letting my mind run

Going back through the fears

Oh mistaking my chances

through all of the years

Talking heads always saying

Yeah you gotta slow down

If I could don’t think I would

I never learned how

Chorus:

If it’s better to burn out than fade away

Put me up in flames do whatever it takes

Light the candle at both ends till there’s nothing Left

Living life fast while we can

Don’t let me slow down I’d rather burn out

Burn Out By: Chris Leamy

Terjemah: 0_Uzi

Verse 1:

Sudah kusimpan tentang waktu

Harus memanfaatkannya

Oh ada suara sirene yang jauh

Dan semakin keras

Aku bisa mengambil semua kebanggaanku dan

Letakkan semuanya di tanah

Agar aku bisa merobek hati yang berdarah ini

Dan membiarkannya semua keluar, biarkan semuanya keluar

mmhm, Biarkan keluar

Chorus:

Jika lebih baik terbakar habis daripada memudar

Bakar aku hingga menjadi abu lakukan apa pun yang diperlukan

Nyalakan lilin di kedua ujung hingga tidak ada yang tersisa

Hiduplah dengan cepat selagi kita bisa

Jangan biarkan aku melambat aku lebih baik terbakar habis

Verse 2:

Aku telah membiarkan pikiranku berjalan

Kembali ke dalam ketakutan

Oh salah mengambil kesempatan

Selama semua tahun-tahun itu

Kepala berbicara selalu mengatakan

Yeah kamu harus melambat

Jika aku bisa, aku tidak berpikir aku akan

Aku tidak pernah belajar bagaimana

Chorus:

Jika lebih baik terbakar habis daripada memudar

Bakar aku hingga menjadi abu lakukan apa pun yang diperlukan

Nyalakan lilin di kedua ujung hingga tidak ada yang tersisa

Hiduplah dengan cepat selagi kita bisa

Jangan biarkan aku melambat aku lebih baik terbakar habis

 

Lirik lagu diatas diciptakan, dikembangkan, dan dirilis oleh parnet terbaik saya Sir Chirs Leamy bersama timnya. Lagu tersebut dia ciptakan tepat setelah Sir Chirs mendapat diaknosa Multiple Sclerosis. Yang mana MS sendiri adalah gangguan saraf yang dapat memengaruhi fungsi otak, mata, dan sumsum tulang belakang. Gejala umum dari multiple sclerosis adalah gangguan penglihatan, gangguan koordinasi tubuh, mati rasa pada bagian tubuh tertentu, dan lain sebagainya. Namun Sir Chris mengatakan pada saya saat itu I got diagnosed with MS and I came up with the lyrics shortly after. We are often capable of greater far greater than we initially think. We always have a bit more in the tank than we think. But now that the song is out! It takes its own meaning! Whatever you think it means, is what it means.”

Dalam Burn Out diterakan bahwa lagu tersebut memiliki makna tersendiri, namun Sir Chirs mengatakan pada saya bahwa “whatever you think it means, is what it means”. Dari uangkapan tersebut saya memahami bahwa ucapan Sir Chris ada benarnya “We are often capable of greater far greater than we initially think. We always have a bit more in the tank than we think”. Dimana Ungkapan tersebut bermakna bahwa seringkali kita memiliki kemampuan yang lebih besar daripada yang kita kira sebelumnya. Kita cenderung memiliki sumber daya yang lebih banyak daripada yang kita sadari. Ini mengajarkan tentang potensi kita untuk melebihi batasan yang kita tetapkan untuk diri kita sendiri dan bahwa kita seringkali lebih kuat atau lebih mampu daripada yang kita pikirkan.

Apakah anda sudah mendengarkan lagu tersebut? Apakah anda mulai berfikir bahwa saya berlebihan dalam memandang sebuah lagu? Apakah anda mulai mencari @chrisleamymusic? Atau anda mulai bertanya tentang maksud dan tujuan dari saya?

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas prihal Chorus dari lagu Burn Out by Sir Chris Leamy. Terlepas dari kondisi Sir Chirs saat ini saya akan sedikit menyajikan sebuah pemikiran dimana hidup anda yang sebenarnya anda pikir normal itu cukup membosankan bukan? Mengapa anda tidak memilih menghadapi sebuah tantangan yang mampu menyebabkan perubahan drastis pada diri anda dari pada anda monoton dan mengalami penurunan atau kehilangan semanagat.

Saya ambil contoh sederhana dari pengalaman yang barusaja saya alami.

Saya menjalin hubungan dengan kakak tingkat saya di universitas, dan itu telah berjalan selama 3 semester kurang lebih satu tahun 1 bulan. Dimana pada bulan ke 7 wanita saya mulai menunjukkan gejala untuk menjauhi saya dengan berbagai alasan yang irrasional bagi saya, entah juga karena ini dari prespektif saya pribadi. Tapi kurang lebih seperti itu, lalu pada suatu momen wanita saya meminta untuk break atau bisa dibilang ajakan untuk memutus hubungan secara halus untuk menghindari sakit hati dari pihak saya. Saya jelas tidak menyetujui itu diawal, saya merendahkan harga diri saya untuk memohon padanya agar kembali suatu saat nanti. Pada akhirnya saya tetap dia tinggalkan dengan mudahnya, namun selang 3 minggu setelah kejadian tersebut wanita itu menghubungi saya kembali dan meminta untuk berhubungan kembali dengan catatan hubungan tanpa status, tanpa rasa cemburu jika dia keluar dengan pria lain, namun saya masih mendapatkan sentuhan romantis darinya. Pada saat itu saya menyetujui hal tersebut, namun selang 1 bulan saya menjalin hubungan kembali dengannya, saya mendapatkan sebuah informasi bahwa dia sedang menjalin hubungan dengan pria lain di kota dia tinggal. Dan saya masih membiarkan hal tersebut. Bertepatan dengan kejadian itu, Sir Chris memberi tahu saya bahwa lagu terbarunya telah rilis melalui chat pribadi. Setelah saya mendengar dan memahami makna dari tiap lirik yang ada dalam lagu Burn Out, saya mulai memahami makna dari keyakinan. Setelah melalui proses berfikir selama 3 hari, saya akhirnya memutuskan untuk berani melepas wanita tersebut. Dengan cara apa? Saya hubungi selingkuhannya yang notabennya adalah mantan dia, saya ungkapkan bahwa saya pasangan dia selama kurang lebih dari desember 2022-desember 2023, dan pada januari 2024 wanita itu meminta berhubungan kembali dengan syarat hubungan tanpa status dengan saya. Sehingga pria tersebut setengah bahagia dan setengah bingung, dan setelah wanita itu mengetahui tindakan saya, seketika itu juga dia langsung memutus hubungan dengan saya. Saat itu juga saya mencapai kepuasan dalam hidup saya. Dimana yang notabennya saya belum pernah sama sekali menjalin hubungan asmara semasa hidup saya, sekali saya menjalin hubungan asmara, saya dipertemukan dengan wanita pengkhianat dan memiliki kebiasaan sana sini mau.

Dari contoh sederhana diatas, teori self-efficacy yang dikembangkan oleh Albert Bandura sangat berperan dalam memberikan pengaruh pada perilaku seorang individu, dimana self-efficacy memengaruhi perilaku seseorang melalui beberapa cara. Individu yang memiliki self-efficacy yang tinggi cenderung lebih termotivasi, lebih berani mengambil tantangan, dan lebih gigih dalam menghadapi rintangan. Mereka juga lebih mungkin untuk bertahan dalam menghadapi kegagalan dan mencari solusi alternatif. Individu yang percaya pada kemampuan mereka untuk mengatasi tantangan dan mengatasi hambatan cenderung merasa lebih percaya diri, lebih optimis, dan lebih puas dengan hidup mereka secara keseluruhan. Self-efficacy dapat berkembang melalui pengalaman langsung, observasi orang lain, persuasi verbal, dan evaluasi emosional. Artinya, seseorang dapat meningkatkan keyakinan mereka terhadap kemampuan mereka melalui pengalaman positif, pengamatan terhadap orang lain yang berhasil, dorongan verbal yang positif, dan evaluasi positif terhadap emosi dan prestasi mereka sendiri.

Lagu Burn Out memberikan kita gambaran yang sangat nyata pada beberapa poin dasar. Diantaranya :

Lebih baik hidup dengan semangat dan berani menghadapi tantangan, bahkan jika itu menyebabkan kehancuran atau perubahan drastis, daripada mengalami penurunan atau kehilangan semangat.

Saya ibaratkan pada diri saya sendiri, agar anda para pembaca lebih mudah memahaminya. Dalam poin ini jika saya hanya berpangku tangan dan membiarkan perlakuan wanita tersebut pada saya terjadi begitu saja, sama saja saya sudah tidak memiliki rasa hormat pada diri saya sendiri. Namun jika saya terlanjur bertindak demikian dan melepasnya, ada resiko dimana sebenarnya dia tidak benar-benar selingkuh dan hanya saja hubungan yang dia jalin dengan mantannya adalah sebatas rekan kerja, dan hanya sebatas mantannya yang dia jadikan sebuah alat untuk mengisi kekosongan dalam waktu luangnya.

Mendukung gagasan bahwa kehidupan harus dijalani dengan penuh keberanian dan kegembiraan, tanpa penyesalan atau penundaan.

Jika saya menunda lebih lama lagi, maka apa yang akan saya dapat? Potensi terbesar saya jika melakukan itu adalah hilangnya semangat hidup. Lagu Burn Out ini mendorong saya untuk lebih berani dan berfikir diluar batas yang saya ciptakan sendiri.

Keinginan untuk menjalani hidup dengan penuh makna dan kesempatan, tanpa membiarkan waktu terbuang percuma atau kesempatan terlewat.

Jika saya tidak mengambil keputusan yang demikian, secara otomatis waktu saya terbuang percuma hanya menunggu cinta kasih dari wanita yang suka mempermainkan perasaan pria.

Ekspresi dari dorongan untuk hidup dalam momen sekarang dan tidak menunda-nunda atau memperlambat kehidupan.

Dimana poin ini mengajarkan kita bahwa kita harus tetap bergerak apapun yang terjadi karena kita hidup pada momon ini, untuk masa mendatang itu adalah otoritas Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam mengakhiri narasi ini, mari kita kembali pada inti dari pesan yang terkandung dalam lagu "Burn Out" oleh Chris Leamy, serta pengalaman pribadi yang telah kita bahas. Lagu ini mengajarkan kita tentang pentingnya hidup dengan semangat dan keberanian, bahkan dalam menghadapi tantangan yang besar atau perubahan yang drastis. Pengalaman saya sendiri menjadi saksi akan kekuatan dalam mengambil tindakan dan berani melepas apa yang tidak lagi memberi makna pada hidup kita.

Melalui analisis lirik lagu dan refleksi terhadap perjalanan hidup saya sendiri, saya mengajak pembaca untuk mengambil inspirasi dari kisah ini. Jadikanlah setiap hari sebagai kesempatan untuk menjalani hidup dengan semangat dan tujuan yang lebih besar. Percayalah pada kemampuan Anda sendiri untuk mengatasi tantangan, dan jangan biarkan penundaan atau ketakutan menghalangi langkah Anda menuju pertumbuhan dan kebahagiaan.

Dengan memahami dan menginternalisasi pesan ini, kita dapat menghadapi hidup dengan penuh keyakinan dan berani mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai potensi tertinggi kita. Jadikanlah setiap momen sebagai kesempatan untuk berkembang dan mengejar impian kita. Semoga pengalaman dan pembahasan ini dapat memberikan inspirasi dan dorongan bagi pembaca untuk menjalani hidup dengan semangat yang tak kenal lelah.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seven Deadly Sins

Pembantu?

Hujan